Minggu, 03 April 2011

Berkawan dengan GALAU

2 comments


Apa itu galau?. Akhir2 ini semakin sering saja kata itu dapat kita temukan entah di percakapan sehari-hari dengan teman atau di situs jejaring sosial macam facebook dan twitter. Tidak ada yang tahu siapa yang pertama kali mencetuskan penggunaan kata galau. Tiba2 saja tren penggunaan kata ini begitu melejit sehingga Anda bisa saja dianggap nggak gaul kalau sampai nggak tahu artinya. Lalu apa sih sebenarnya definisi dari kata galau?. Mungkin sampai artikel ini ditulis, Anda tidak akan menemukan arti kata tsb di KBBI karangan pak J.S. Badudu, hehe. Atau definisi dari para akademisi tentangnya. Namun jangan kuatir, paling tidak Anda akan menemukan sedikit pencerahan tentang arti kata galau setelah membaca postingan saya :D. Enjoy........!!!

Galau adalah widespread phenomenon (fenomena yang tersebar luas) yang sering diidentikkan dengan kaum muda. Mengapa demikian?. Hah panjang penjelasannya, tanya mbah google aja deh. Intinya galau itu cenderung lebih sering diucapkan oleh para remaja masa kini ketimbang para orang tua kita zaman dulu. Mungkin zaman dulu kata galau lebih dikenal dengan “gundah gulana”. Loh jadi galau itu bisa berevolusi juga ya, wew. (malah ngelantur)

Lanjut deh, galau adalah serangkaian symptom/gejala (bahasa anak KU....tanan) yang membuat penderitanya dilanda rasa ketidakpastian, cemas, perasaan tidak nyaman yang sulit dihilangkan. Seperti yang pernah saya tulis di postingan sebelumnya, galau biasanya menyerang pada waktu2 tertentu. Jadi galau bisa dibilang juga pake jadwal kambuh #halah. Kapan jadwalnya? Dia akan datang ketika : (1) cuaca yang tiba2 turun hujan dan Anda terpaksa harus berdiam diri di rumah/kos karenanya. Jika tidak segera diisi dengan kegiatan positif maka waspadalah. (2) ketika malam minggu. (3) ketika tiba2 mendapat undangan pernikahan dari teman dekat dan Anda tersadar oh ya saya blm mampu untuk menikah T.T (4) ketika sedang kasmaran atau patah hati. Dan ada satu lagi yang baru2 ini saya temukan yaitu ketika Anda yang sebagai mahasiswa angkatan tua dan ketika lagi datang ke kampus bertemu teman seangkatan atau adik kelas yang basa-basi kemudian mereka bertanya “Mas/mbak sudah sampai mana skripsinya?? Udah ngajuin judul?? Proposal sudah di-acc?? dll”. Padahal Anda tahu blm sampai pada satu pun tahap yang ditanyakan. Saya tidak tahu apakah galau itu sejenis airborne virus yang punya kemampuan menular lewat udara. Tapi yang jelas galau dapat ditransfer dari satu orang ke orang lain. Bagaimana caranya??. Begini contoh simpelnya, ketika membuka halaman facebook atau twitter, entah kebetulan atau apa, teman2 Anda sedang mengupdate status2 yang berbau galau. Jika Anda sedang tidak merasa kuat, saya sarankan segera tutup situs itu dan lakukan pekerjaan lain yang lebih berguna. Kemampuan seseorang untuk sembuh dari rasa galau sangat bergantung pada kepribadian dan motivasi yang dimiliki oleh orang tersebut.

Akan tetapi, galau tidak selamanya berbau dengan hal2 negatif lho. Kabarnya, galau dapat melejitkan kemampuan seseorang untuk menghasilkan tulisan atau puisi2 romantis. Masa sih???. Ehm2, ini buktinya, saya mau nulis puisi sederhana dalam bahasa inggris (maaf ya kalo belepotan).

Dear God, in my humble pray, Ialways wish
I hope I will find my destined person soon
A person who can accept my abundant flaws
And my few good traits
A person who willing to bear both sadness and happiness with me
A person who truly loving me as I am be
I promise to You Dear God, if I meet that kind person someday
I will always treasure that person in my life
I will protect her with all my might
I will make her become the happiest person in earth

Sekarang pertanyaannya, bisakah kita berkawan dengan galau???. Galau memang tidak mempunyai wujud fisik yang nyata tapi keberadaannya bisa kita rasakan. Kalau saya, andaikan “bisa” saya tidak perlu merasa cemas ketika ia datang. Karena ibarat teman saya sudah bisa menerima keberadaannya dan saya yakin rasa itu akan hilang seiring berjalannya waktu. Namun sayangnya, saya belum bisa. Sekarang cobalah tanyakan pada diri Anda sendiri dengan pertanyaan yang sama. Ada yang mau share tentang galau? Atau punya galau versinya masing2, silakan ungkapkan uneg2 Anda dengan berkomentar^_^.

2 komentar:

  1. Hahahaha kalo bahasa Inggris kayanya feeling blue deh

    BalasHapus
  2. yg lagi nulis ini jg lagi galau.. :P
    galau detected... wkwkwkwk :D

    BalasHapus