Minggu, 03 April 2011

Download Video Dubbing Jawa Berkualitas

5 comments
Bahasa adalah salah satu hasil kebudayaan umat manusia yang memungkinkan mereka dapat berkomunikasi satu sama lain secara efektif. Tidak hanya itu, bahasa juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti membuat lelucon atau banyolan penghibur hati. Di Indonesia sendiri terdapat ratusan bahasa daerah yang tersebar di seluruh nusantara. Namun untuk urusan bikin banyolan bahasa Jawa tetep yang paling wahid. Bukannya primordialis ya karena saya adalah orang Jawa, tapi memang kenyataannya demikian. Bahkan beberapa teman dari luar Jawa juga pernah mengatakan hal serupa.

Lha apa itu dubbing?. Dubbing adalah salah satu bagian dari proses editing film yang melibatkan seniman pengisi suara. Lalu apa hubungan dubbing dan bahasa Jawa?. Di sinilah letaknya, biasanya film2 asing (Barat, mandarin, dan Korea) atau kartun yang ditayangkan di tv kita sudah mengalami proses dubbing ke dalam bahasa Indonesia. Namun di tangan dingin oknum2 kreatif nan humoris film atau kartun tsb justru didubbing dengan menggunakan bahasa lokal yaitu bahasa Jawa. Pernah ngebayangin nggak, orang bule atau artis Hollywood tiba2 bisa ngomong Jawa?. Pasti lucu kan :D. Apalagi jika dialog dalam video itu benar2 diubah total sampai jadi beda banget sama konteks film aslinya. Tambah kocak pastinya. Di dunia maya, utamanya di situs pengunggah video semacam YouTube, Anda akan dengan mudah menemukan video2 gokil tsb.

Saya bisa dibilang adalah penggemar video dubbing Jawa tulen. Sudah sejak lama saya hunting dan mengoleksi aneka video dubbing Jawa dari berbagai house production. Video dubbing Jawa pertama yang saya tonton berjudul Wagiman the movie yang merupakan pioneer dari video2 sejenis. Sejak nonton video itu saya jadi keranjingan download di YouTube video2 dubbing lain. Ada kalanya video2 itu bener2 menghibur dengan guyonan Jawa yang kocak dan segar. Namun ada juga yang jayus, garing, dan dibikin asal-asalan. Biar nggak kecele download, berikut saya rekomendasikan beberapa judul video dubbing Jawa yang saya anggap layak ditonton dan dikoleksi (silakan dicari di YouTube) :
  1. Belajar gitar jawa (plesetan tutorial maen gitar, gitarisnya Megadeath)
  2. Wagiman the movie (nyoh ngomong wae karo tanganku :D), ada sedikit unsur parnonya
  3. Wagiman tragedhi kue donat (bintang tamu spesial : Pak Kromo), ada sedikit BBnya
  4. Travis drummer didi kempot (plesetan reality show MTV Cribs)
  5. Pimp my ride jowo (plesetan pimp my ride UK)
  6. Bush pidato boso jowo (salah satu karya dubbingan yang mencerdaskan)
  7. Balap jowo (sarat dengan aksi motorcross dan pisuh2an)
  8. Kamen Rider versus monster Banyumas (bahasa ngapaknya lucu :D)
  9. Kuil pemuja setan (nggak jelas judul aslinya, sayang agak parno)
  10. Arab belajar naik motor (banyak versi judulnya, tapi yang jelas sangat kental dengan aliran misuh khas cah Alkid, alun2 kidul)
  11. Slipknot concert at Jatim (kolaborasi slipknot dan cak dikin)
  12. Nirvana ndolo (vokalis nirvana kehilangan kontrol amarah)

Sebenarnya masih banyak lagi judul lain, berhubung agak lupa ntar saya update lagi deh lain waktu. Mungkin pembaca ada yang mau nambahin??

5 komentar:

  1. Kok spongebob gaono di daftar Mas Er? Ane plg suka yg spongebob soale :D

    BalasHapus
  2. rencana mau bikin postingan khusus tentang karya2nya ASRIKA mas

    BalasHapus
  3. Wah makasih sekali sumbangan kata kuncinya. Sy jadi ingat waktu kuliah, mojok ma teman2 nonton Wagiman main gitar trus garuk-garuk celana. Terimakasih.

    BalasHapus
  4. sama2, hahaha itu kocak juga mas. Yg dubbing asal ngomong soal cara maen gitar tapi malah lucu

    BalasHapus
  5. mas ak pengen video yg ini lgi..


    nomer 9. Kuil pemuja setan (nggak jelas judul aslinya, sayang agak parno)

    BalasHapus