Senin, 29 Oktober 2012

Cemilan Anak SD Generasi 90-an

7 comments
Wuaaaah gak kerasa udah memasuki hitungan 8 bulan tanpa postingan tercipta (thanks ya skripsweet xD). Baiklah biar membangkitkan kembali gairah posting, saya kepingin sharing tentang masa-masa nostalgia generasi 90-an. Mengapa 90-an??? Sebab di masa inilah penulis masih menjadi seorang anak yang imut-imut nan polos seakan tanpa dosa dengan seragam putih merahnya. Di zaman itu, salah satu kesenengan anak-anak adalah menghabiskan uang saku buat jajan. Pokoknya jajan itu ibarat kebahagiaan sederhana yang bisa mereka nikmati di tengah tuntutan buat ngapalin seabreg mata pelajaran dan ngrampungin pr-prnya. Berikut adalah cemilan jaman sd yang tak pernah saya lewatkan ketika bel sekolah tanda istirahat berbunyi.

Bakso ojek
divadominica.blogspot.com
Sesiapa yang pernah ngalamin masa sd di tahun 90-an, bakalan dibilang nggak gaul kalo belum pernah ngrasain yang namanya bakso ojek. Ciri khas bakso ojek adalah sang penjual akan berkeliling dengan sepeda, lengkap dengan suara panggilan toet-toetnya yang khas untuk menyatakan keberadaannya :D. Trus baksonya dijual eceran dengan menyediakan stick bambu kecil untuk menusuk bakso itu satu per satu. Karena dijual eceran, sah-sah saja kalo kita pengen beli meski cuman satu biji. Ada beberapa macam tipe bakso yang dijual, contohnya yang tipe biasa (plain), tahu bakso, dan bakso isi telur puyuh (favorit ane). Karena harganya sangat ekonomis, jangan heran komposisi bakso sebagian besar dibuat dari pati kanji sehingga sangat kenyal. Sang penjual biasanya menyediakan saus atau kecap sebagai pelengkap. Inget banget dulu sering diwanti-wanti simbah, gak usah minta saosnya karena katanya dibikin pake tomat dan cabe busuk hahaha. Terkadang ada juga penjual yang memodifikasi panci baksonya sehingga bisa untuk memasak kuah. Kalo kepengen pake kuah tinggal bilang ke abangnya (free of charge lho). Kok bisa disebut bakso ojek ya, apa abang yang jualan trus beralih profesi jadi tukang ojek kalau dagangannya udah abis. Di daerah lain bakso ojek juga dikenal dengan nama pentol, saritol, salome, dll.

Es Wawan
Nggak ada yang tahu kenapa bisa disebut es wawan, apa yang menciptakan bernama pak Wawan, atau dibuat oleh perusahaan bernama Wawan atau itu akronim dari sebuah nama, atau apa deh. Yang jelas es berbentuk panjang, beraneka rasa, dan bisa dipotong-potong ini adalah jajanan favorit anak sd pada jaman saya dulu. Tersedia berbagai varian rasa mulai dari stroberi, coklat, melon, durian, dll. Rasa favorit ya tetep coklat dan stroberi. Dulu cukup dengan 500 perak, sudah bisa menikmati segarnya es wawan dan dunia tiba-tiba serasa lebih indah karena masih jam istirahat hehe. Nyot-nyot dikenyot nyot...



Es Potong dan Es Goreng

superwulan.wordpress.com
Masih tentang es. Kali ini adalah jajanan bernama es potong dan es goreng yang sebenernya satu produk. Dulu saya terheran-heran kok dinamakan es digoreng. Ternyata bukan digoreng secara eksplisit tapi es tersebut sebelum disajikan dicelup dulu ke dalam adonan coklat. Coklat yang terkena es akan mengering dan membuat es serasa dilapisi coklat crispy sehingga seolah-olah terkesan “digoreng”. Ada banyak rasa yang saya ingat seperti rasa kacang ijo, stroberi, durian, dll.

Es Payung aka es serut
futureputri.wordpress.com
Lagi2 tentang es, emang nampaknya jajanan yang satu ini adalah favorit nomor satu anak2 sd generasi 90-an. Es payung dibuat dari es yang dihaluskan dengan cara diserut. Sang penjual biasanya memasang alat modifikasi serut ini di belakang sepedanya. Setelah diserut es akan dipadatkan dalam cetakan-cetakan. Kalo nggak spesial request sama yang jual, biasanya sang abang akan menyetaknya dalam bentuk payung. Tapi ada juga cetakan berbentuk kura-kura (by request). Setelah itu es ditusuk pake stick terus disiram dengan aneka sirup sesuai selera yang kita inginkan. Hmmm, segaaaaaaaaaaar.

Es gabus
ummurifqi.wordpress.com
Masih ada lagi lho jajanan es yang pernah jaya di jamannya yaitu es gabus. Di benak saya dulu, saya mengira es ini dibuat dari sejenis spon atau sterefoam yang diracik dengan gula dan es. Hahaha dasar anak2, tapi memang tekstur es ini sangat lembut dan bisa dinikmatin dengan menggigitnya kecil2 sampai habis.

Gulali aka kembang gula

homelytown.blogspot.com
Kembang gula emang nggak ada matinya apalagi di kalangan anak-anak. Cemilan satu ini akan selalu mempunyai tempat khusus di hati anak2. Konon hal-hal yang berbau manis sering diidentikkan sebagai lambang kebahagiaan, seperti dirimu #halah. Masih ingat kan dengan tukang gulali yang menjajakkan dagangannya sambil membawa panggulan. Gulali ini dulu hampir selalu ada di depan setiap sekolahan. Gulali ini disajikan dalam berbagai bentuk sesuai yang kita minta sama penjualnya. Inilah yang membuat jajan gulali sangat mengasyikkan. Kalau pengen bentuk biasa, sang penjual menyediakan cetakan-cetakan dengan bentuk yang sederhana seperti bintang, koin 50 rupiah, ayam jago, dll. Kalau ingin gulali yang bentuknya unik, ini tergantung sama kreatifitas penjualnya. Bentuk gulali unik yang ngetrend di jaman saya adalah bentuk balon dan tanaman kantong semar.

Harum Manis
stasiun-tinta.blogspot.com
Harum manis yang saya maksud di sini bukan seperti harum manis yang sering dijual di pasar-pasar malam seperti sekarang. Tapi harum manis yang bentuknya mirip dengan helai-helai rambut dengan warna keemasan/kemerahan. Di daerah lain ada yang menyebut jajanan ini dengan nama rambut nenek. Meskipun sering diultimatum sama ibu bakalan nggak dikasih uang jajan kalo ketahuan jajan cemilan ini, herannya saya selalu menemukan celah dan alibi untuk tetap mendatangi abang penjual harum manis. Satu2nya masalah adalah kalo ketahuan sama adik yang sering menjadi mata2nya ibu hehehe.

Tukang agar-agar berhadiah


Mau jajan sambil adu ketangkasan, di sinilah tempatnya. Alkisah, ada seorang tukang agar-agar yang menjajakkan dagangannya dengan cara yang unik untuk menjaring hati anak2. Si penjual ini menyediakan sebuah pistol mainan yang dilengkapi dengan peluru/proyektil yang bisa menempel. Sebagai sasaran tembaknya adalah batu baterai ukuran besar (baterai radio) yang ditumpuk menyerupai piramida. Pada jarak tertentu, si anak harus menembak sasaran tersebut. Jika berhasil mengenai dan menjatuhkan baterai dalam jumlah tertentu maka ia akan mendapat bonus agar-agar selain agar-agar yang dibelinya. Masih ada nggak ya sekarang, hehehe

Makaroni pedas, asin, dan manis
Cemilan jaman sd dulu yang hampir selalu diserbu tiap jam istirahat adalah jajanan makaroni. Sebenernya nggak ada yang spesial dari makaroni ini. Hanya makaroni curah biasa yang diberi bumbu cabe bubuk, garam, penyedap rasa (baca: mas*ko), dan coklat. Namun tetap saja jajanan ini pernah sangat populer di kalangan anak-anak. Masih inget dulu suka minta tambah penyedap rasa sama yang jual. Dulu mana tahu kalo kebanyakan penyedap rasa ternyata bisa bikin otak mengkerut. Sekian nostalgia jajanan dan cemilan anak sd yang pernah ngetren di tahun 1990-an.

Sebagian dari jajanan tersebut masih ada yang mampu bertahan namun ada juga yang telah menghilang dilupakan jaman. Nggak pernah ngebayangin ya kalo menjadi anak-anak yang tumbuh dan berkembang di era 90-an sangatlah membahagiakan. I will always treasure that moment for my entire life. Next mungkin bakalan masih bikin postingan dengan hal-hal yang berbau nostalgia.

7 komentar:

  1. wah kita seumuran dong yah.. jajan itu semua favoritku.. sayang sekarang semakin menghilang.. hikshiks

    BalasHapus
  2. Salam anak-anak generasi 90-an mbak. Iya, hanya beberapa aja yang tersisa, udah digantiin sama jajanan anak jaman sekarang

    BalasHapus
  3. jajanan waktu SD ternyata se-Indonesia sama hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, lha wong kulakannya juga sama dari warung kelontong sebelah rumah haha

      Hapus
  4. baca ini jadi kangen :(
    klo di SD ku dlu ada telur puyuh yang kita bisa nuangin bumbunya dan ngocok sendiri sendiri, kocokanya kayak blender kecil gtu (digorengin orangnya tetep), pada ada yang kayak jajan di SDku ga si, hehehehe

    BalasHapus