Selasa, 03 November 2015

Review Tenda Langya 2/3P

8 comments

Kegiatan outdoor seperti naik gunung, camping, dan menjelajahi alam kini tengah digandrungi anak muda Indonesia. Diawali dengan booming film tentang pendakian cinta, “5cm”, peminat kegiatan outdoor kian bertambah banyak setiap tahunnya. Gunung-gunung pun yang semula sepi kini ibarat menjadi pasar tumpah di kala weekend. 

Yak guys, untuk mendukung hobi kegiatan outdoormu, pemilihan perlengkapan menjadi kunci penting. Sebab hobi outdoor itu bukan seperti piknik atau jalan-jalan ke mall. Kamu berhadapan dengan alam bebas yang punya risiko terhadap keselamatan kamu. Salah satu item yang penting adalah tenda/shelter. Tenda sangat penting untuk memberi perlindungan dari cuaca ekstrem dan menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat. So, cermati baik-baik sebelum memilih tenda yang tepat.

Saya sih pengennya tenda yang harganya murah tapi nggak murahan. Yang penting udah double layers jadi aman dipakai pas musim hujan. Beratnya enteng, gak bikin capek dibawa kemana-mana. Packingnya ringkes dan nggak ribet, syukur-syukur muat dimasukin daypack. Trus ada terasnya buat naruh barang. Ingat, harus murah lho, soalnya budget saya masih kantong pelajar. Btw, emang ada ya tenda murah dengan kriteria ini? (Ini rata-rata keinginan para pecinta kegiatan outdoor Indonesia)

Produk tenda yang ingin saya review kali ini adalah Tenda Langya 2/3P. Nama brand Langya mungkin belum begitu familiar di kalangan pecinta outdoor Indonesia. Namun jangan salah, produsen asal Tiongkok yang satu ini tidak sembarangan dalam menjaga kualitas item-item outdoornya. Mari kita simak reviewnya. 

Spesifikasi 

Nama Brand  = Huangshan Langya Outdoor                                   Company 
Asal negara   = Tiongkok 
Tipe               = Tenda outdoor 2-3 orang 
Flysheet     = 190T polyester, PU2000mm                                   imported adhesive tape edging 
Inner Tent     = 190T polyester, air                                                 permeable+B3 mesh 
Floor             = 150D oxford, PU3000mm 
Poles             = fiber glass poles 
Dimension    = 205×140×110cm camping tent 
Weight          = 2,1 kg 
Accesories    = stakes, guyline 

Desain dan Bentuk

Tenda Langya 2/3P mengadopsi bentuk dome atau kubah. Untuk rangkanya, tenda ini dilengkapi dengan dua frame. Tinggi interior tenda berkisar 110 cm, cukup longgar untuk duduk dan beraktifitas di dalam tenda. Satu hal yang unik dari tenda ini adalah desain dua pintu yang mengapit kedua sisi tenda. Ruang kosong di antara pintu dan flysheet berfungsi sebagai teras (vestibule). Panjang vestibule berkisar 60 cm sehingga terdapat space sekitar 120cm yang dapat dimanfaatkan. Hal ini sangat bermanfaat untuk menyimpan perlengkapan mendaki kamu, seperti sepatu, peralatan memasak, dan tas. Dengan demikian, interior tenda akan terasa lebih lega dan nyaman digunakan beristirahat. 

Waktu mendirikan tenda
kelengkapan tenda
Karena desainnya yang cukup simpel, seorang pendaki yang berpengalaman dapat mendirikan tenda ini dalam waktu yang singkat. Saya sendiri butuh waktu kurang dari 10 menit untuk memasang semua komponen tenda hingga tegak berdiri. Sistem pengait antara inner dan frame sangat memudahkan pendaki untuk memasang tenda ini karena kita tidak perlu memasukkan frame ke dalam lapisan inner seperti desain tenda keluaran lama.

Kapasitas 

Menurut spesifikasi, tenda ini dapat digunakan oleh tiga orang pendaki jika tanpa memasukkan barang bawaaan ke dalam tenda. Jika dengan barang bawaan, tenda disarankan hanya dipakai oleh dua pendaki. Packing ringkes, muat dimasukkan ke dalam daypack. Hal lain yang saya suka dari tenda ini adalah ukuran packingnya yang sangat ringkas sehingga muat dimasukkan ke dalam daypack. Jika dipacking dengan benar, tenda ini dapat dilipat sedemikian rupa dengan ukuran packing sekitar 45x15 cm. Lebih nyaman lagi apabila pendakian dilakukan oleh beberapa orang. Bagian-bagian tenda, seperti flysheet, inner, dan frame dapat dipisah-pisah dan dibagikan ke anggota tim sehingga berat tenda akan terasa jauh lebih ringan. 

Ketahanan terhadap cuaca
Untuk bertahan dari cuaca gunung yang ekstrem, desain tenda harus solid dan kokoh. Langya mengandalkan flysheet dengan ketahanan PU yang cukup tinggi, yakni 2.000mm. Spek tersebut sudah sangat mumpuni untuk bertahan dari cuaca hujan deras di gunung-gunung Indonesia. Jahitan tenda juga telah dilapisi dengan seal tahan air di bagian dalamnya. Selain itu, alas tenda ini juga memiliki ketahanan PU yang tinggi yakni 3.000mm. Material alas terbuat dari bahan 150D oxford atau biasa dikenal dengan nylon yang lebih tahan rembes dan lebih ringan dibanding material terpal. 

Untuk mencegah kondensasi, perancang tenda nampaknya sengaja memberi jarak yang cukup longgar di antara inner dan flysheet sehingga keduanya tidak saling menempel. Saran saya agar tenda dapat maksimal bertahan dari badai gunung, sebaiknya perlu mencermati cara memasang tenda yang benar. Setelah tenda berdiri sempurna, pancangkanlah tali guyline di keempat sisi-sisi tenda. Pastikan tali terpancang dengan kencang ke dalam pasak yang tertancap di tanah. Pasang semua pasak yang ada. Jangan lupa, pilihlah lokasi pendirian tenda yang datar dan relatif terlindung dari hembusan angin secara langsung. Jika masih khawatir dengan rembesan air di bawah tenda, kamu dapat memasang aksesoris seperti footprint atau alas tenda terlebih dahulu sebagai pelapis tambahan. 

Kesimpulan
Overall Saya cukup puas dengan performa tenda yang satu ini sehingga berani saya rekomendasikan ke pecinta kegiatan outdoor lainnya. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, tenda ini dapat mencukupi kebutuhan para pendaki di gunung Indonesia, khususnya untuk pendakian gunung dengan tim kecil. Selain itu, kita masih dapat mengupgrade tenda ini untuk menjadikannya lebih ringan dengan membeli frame alumunium alloy dan pasak alumunium. 

Salam outdoor. Semoga bermanfaat.

8 komentar:

  1. thx, lagi cari review tenda ultralight

    BalasHapus
  2. Itu pintu inernya dobel apa jaring ajj kalo gak pake flyseet gan..

    BalasHapus
  3. Buat pembelian dan harga gimana om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di tokopedia atau bukalapak gan, ada yang jual sepertinya

      Hapus
  4. saya menggunakan tenda Great Outdoor Explorere 3/4
    untuk pemasangan cukup mudah bahkan dapat mendirikan tenda ini seorang diri
    ruangan utama cukup luas dan peralatan dapat saya letakkan di vestibule, bahkan untuk memasak saat keadaan hujan dapat saya lakukan di vestibule, sehingga ruang utama hanya saya fungsikan untuk kebutuhan tidur/istirahat.
    kelemahan dari tenda GO exploler adalah ujung frame yang rentan pecah, saya sudah beberapa kali ganti frame.
    kain yang digunakan menurut saya cukup kuat
    semoga review ini membantu
    terimakasih, salam lestari

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam lestari gan :)
      terimakasih atas reviewnya gan
      semoga bisa jadi tambahan referensi

      Hapus